About Us

Call Us Now 0274-6498212, 6498211

OUR HISTORY

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogya) yang dahulu berdiri dengan nama IPWI (Institut Pertanian Wangsa Manggala Indonesia), yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) di tahun 1986 dan berubah nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2008. UMB Yogya yang telah mendapat kepercayaan masyarakat berbenah diri dengan menata kinerjanya menyongsong era global pada milenium ketiga. Untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan IPTEK. Visi yang ingin dicapai adalah menjadi universitas yang memiliki komitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita yang tertanam dalam seboyan Angudi Mulyaning Bangsa (The Pursuit of Excellence). Memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat baik tingkat nasional maupun internasional. Sedangkan misi UMB Yogya adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mencerdaskan bangsa sehingga membantu masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraannya salah satunya dengan program KKN PPM.

Kegiatan KKN ini sempat terhenti pada tahun 2010 dan dilanjutkan lagi pada tahun 2018 di semester genap ini sebagai program wajib bagi mahasiswa UMBY. Program KKN mengalami perkembangan sebagai respon dari kondisi dinamika masyarakat. Program KKN-PPM merupakan respon UMBY terhadap kuatnya tekanan globalisasi pada lapisan masyarakat di Indonesia. KKN menjadi KKN-PPM ditandai dengan adanya perubahan paradigma, yaitu dari paradigma pembangunan (development) menjadi pemberdayaan (empowerment). Kegiatan KKN-PPM dikemas dan dikembangkan/ dirancang untuk mengatasi permasalahan riil yang dihadapi masyarakat (tematik) melalui pendekatan interdisipliner atau multidisiplin dan pemberdayaan sumberdaya lokal. Untuk menjaga kualitas dan manfaat Program KKNPPM, maka proses penyelenggaraan KKN-PPM dilakukan secara profesional dan melibatkan berbagai pihak terkait. Penyelenggaraan KKN-PPM UMBY melibatkan berbagai pihak di lingkungan UMBY berbagai pihak luar UMBY sebagai mitra kerja, seperti pemerintah, industri, lembaga usaha, lembaga finansial, dan lembaga mitra pemberdayaan masyarakat yang lain. Secara keseluruhan di tahun 2019 ini, Universitas Mercu Buana Yogyakarta memfasilitasi 3 jenis KKN yang berbeda.

  1. KKN PPM reguler untuk program R1 yang diploting secara terpusat oleh tim KKN dan dialokasikan secara terpusat berdasarkan lokasi KKN reguler di dusun-desa-kecamatan tertentu. KKNPPM reguler ini wajib menginap dengan aturan ketat seperti yang tercantum dalam buku panduan KKN.
  2. KKN Tematik untuk program R2 yang diploting secara terpusat oleh tim KKN dan dialokasikan secara terpusat berdasarkan lokasi tematik seperti di daerah tertentu, pasar dan lain-lain. KKN Tematik ini tidak wajib menginap dan ada beberapa kekhasan seperti yang tercantum dalam buku panduan KKN.
  3. KKN Mandiri untuk R 3 dan juga dapat dilakukan oleh program R1dan R2 apabila sesuai dengan ketentuan. KKN Mandiri tidak wajib menginap dan wajib membuat proposal terlebih dahulu dengan mencari anggota lintas prodi dan juga kesediaan lokasi (UMKM, kelompok warga, kelompok wisata, kelompok tani dan lain-lain).

MEET THE TEAM

Awan Santosa, S.E.,M.Sc.

Ketua LPPM UMBY

Agustinus Hary Setyawan, S.Pd.,M.A.

Koordinator KKN UMBY

Agus Setiyoko, S.TP.,M.Sc.

Sekretaris

Shadrina Hazmi, S.E.,M.Sc.

Bendahara

Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng.

Ketua Div. Survey dan Perijinan

Dr. Ir. F. Didiet Heru Swasono, M.P.

Ketua Div. Pembekalan

M. Nastain, S.Sos.I.,M.I.Kom.

Ketua Div. Penerjunan dan Penarikan